MENCARI METODE YANG TEPAT

Mencari Metode Yang Tepat



Kita itu mengajarkan atau mendidik anak supaya mereka paham dan tahu apa yang kita ajarkan. Butuh teknik atau metode tersendiri.

Kenapa??
Karena yang kita ajarkan kitu manusia yg punya hati dan perasaan. Kita tidak bisa memaksakan suatu cara/teknik kepada mereka.

Bisa saja ketika kita menggunakan metode tutor sebaya itu berhasil kepada 15 orang dikelas, yang lain kemana? Apakah isi kelas hanya 15?
.
15 siswa paham apa yg kita sampaikan, 15orang lagi kemana? Apakah dibiarkan saja?
Ooh no..... Tentu tidak, sebagai pendidik tentu memikirkan caranya bagaimana supaya yg 15 lagi itu bisa paham, dengan cara apa supaya mereka paham.
Tentunya dengan segala cara dan upaya dilakukan, dari lahiriah sampai batiniah, Do'a supaya mereka diberikan pemahaman, Do'a supaya yang mengajarkan nya juga diberikan kemudahan cara penyampaian nya.

Lalu apakah ketika siswa yang  dianggap "kurang pemahaman" itu juga dia mencari cara atau teknik sendiri supaya dia itu bisa memahami materi itu dianggap "aneh" atau "membangkang"
.
Tidaaaaak, saya tidak menganggap dia seperti itu, saya dalam hati mengucapkan syukur Alhamdulillah ada upaya sendiri untuk belajar sendiri supaya bisa memahami materi.

Marahkah saya? Tidaaaaak. Saya senang anak Didik bisa mandiri, belajar sendiri, tentunya saya juga ga melepaskan begitu saja, sebagai orang tua, saya melihatnya dari jauh, mengontrol supaya ga salah jalan.

Apapun caranya yg siswa tersebut lakukan saya support, kalau caranya baik, tidak dimarahi atau bahasa sekarang nya dinyinyirin, 😃

Apapun yg dilakukan anak Didik kita, jika itu baik, support lah.

Comments

Popular posts from this blog

#AksiFlashBunda, Bermain dan Belajar Bersama Thromboflash Si Sahabat Keluarga.

Taukah Bunda, Inilah Penyebab Anak Mudah Sakit

Kapan Waktu Yang Tepat Ajarkan Anak Sholat?