Bangga Jadi Narablog Di Era Digital


Awal perkenalan ku dengan blog akhir tahun 2010. Saat itu di sebuah toko buku di salah satu pusat perbelanjaan di kotaku. Kulihat sebuah buku yg membahas tentang blog dari wordpress.

Akhirnya ku beli juga buku itu, di baca dan dipraktekkan, tapi.. karena wordpress memakai bahasa Inggris, saya agak kesulitan, karena bahasa Inggris ku pas-pasan, hehehehe.

Akhirnya saya googling dan akhirnya tahu, kalau membuat blog itu tidak hanya dari wordpress saja, ada juga blogspot yang berbahasa Indonesia, aha.... Indonesia banget kan saya, hehehe.

Dan jadilah blog yang kuberikan judul "Berbagiilmu Berbagicerita" dengan judul tersebut aku ingin menulis di blog ini tentang suatu ilmu atau cerita yang bisa bermanfaat bagi sesama.

Karena bingung mau dinamakan apa blog saya ini, dan akhirnya blog ini saya bernama sesuai dengan nama saya, biarlah dikatain narsis juga. Bangga dengan nama sendiri ya ga apa-apa kan ya....

Belakangan saya baru tahu kalau memang harus pakai nama sendiri jika mau branding. Termasuk ke personal branding kata orang-orang mah.

Inilah blog saya, hehehe
Selamat datang di blog saya yang masih ditumbuhi ilalang. Sempat bikin blog dan blog tersebut dibiarkan kosong. Dengan alasan klise ga sempet nulis dan bingung mo nulis apa. Tahun 2015 disempatkan menulis satu postingan.

Selanjutnya sama ga nulis-nulis lagi.
Akhir tahun 2018 baru tersadar kalau punya blog. Dan baru ngelirik blog yang dulu sempat tidak ditengok-tengok.

KENAPA BISA TERTARIK MENULIS DI BLOG.

Foto sumber: Pinters

Menulis itu sebetulnya pekerjaan mudah yang susah itu mulai untuk menulis dan konsisten menulis.

Dulu pernah menulis cerita harian, masa-masa sekolah dulu, nulisnya di diary dan ga ada yang tahu apa yang saya tulis, karena diary nya digembok, hehehehe.

Sekarang saya menulis diblog, karena menurut saya menulis diblog itu;

1. Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan.
Dengan menulis diblog saya bisa sedikit menulis apa yang saya tahu dan apa yang saya bisa. Berbagi Informasi tentang dunia pendidikan dan Parenting, karena itu niche yang saya pilih untuk blog saya ini.

Ga bisa niche lain? Bisa aja sih, tapi karena saya terjun di dunia pendidikan, setidaknya ada sedikit ilmu dan cerita yang mungkin bisa bermanfaat bagi sesama, saya menyebut nya SEDEKAH ILMU.

2. Blog Tempat untuk Dokumentasi
Bagi saya sebagai newbie blogger blog itu tempat nya menyimpan arsip dan kenangan kita, ketika saya kesulitan bagaimana caranya  mengajarkan anak saya sholat, atau bagaimana caranya ketika saya berusaha untuk memasukkan anak saya ke boarding school diusia anak SD.

Blog tentu sebagian tempat untuk menulis dan bercerita, dan tempat curhat emak-emak seperti saya, yang tidak jauh-jauh curhatan nya seputar pendidikan anak,  hehehehe

3. Sebagai Penambah Daya Ingat
Sebagai seorang newbie blogger, jika saya hendak menulis, selain memang menulis pengalaman pribadi pasti nya akan ada nuku yang dibaca, apakah itu dari blog lain atau blogwalking, dari buku atau artikel, sebagai referensi dari tulisannya, saya jika menulis pastinya ada sedikit ilmu pengetahuan yang saya baca, entah itu pengetahuan tentang pendidikan atau Parenting.

Ketika kita membaca buku, berarti kita berusaha mengingat, dan ketika menulis itu berarti berusaha mengingat kembali apa yang saya baca dan kemudian menulis dan merangkai beberapa kalimat supaya enak dibaca dan mudah disimak oleh yang membutuhkan pengalaman saya.

Ada pepatah yang mengatakan
"Jika ingin mengenal dunia maka membaca lah, dan jika ingin dikenal dunia maka menulislah" 

4. ‎Menambah Pertemanan
Lewat blogwalking dan komen-komenan dengan teman blogger, sudah pasti kita akan nambah teman.

Pertemanan melalui blog gak terbatas lokasi geografis. Kita bisa loh ngobrol seru meskipun baru pertama kalinya ketemu muka dengan orang dari belahan dunia lain hanya karena sudah saling ketemu di blog. Belum lagi kalau ikutan komunitas-komunitas blog yang bisa nambahin jaringan pertemanan kita.

Pintu rezeki kan datangnya dari teman-teman blogger juga ya.

Banyak temen banyak rejeki kalo kata blogger mah ya.

5. Menambah Penghasilan
Bagi saya yg blogger newbie, penghasilan itu bukan tujuan akhir.
Yang terpenting saya menulis dan berbagiilmu dan Berbagicerita.

RESOLUSI DAN HARAPAN BLOGGING DI TAHUN 2019

Foto sumber : Pinters

1. Rajin menulis di blog
Di tahun ini, sebagai blogger newbie saya punya harapan dan keinginan untuk rajin menulis di blog, minimal seminggu 3x

Tema menulis masih tentang niche blog saya, tentang education dan Parenting,  diluar  tema kompetisi blog.

Duh Do'a in Istikomah ya dalam menulis.

2. Gabung Dengan komunitas Blogger
Dengan gabung komunitas saya berharap ada aura positif dalam menulis.

Saat ini saya sudah tergabung dengan komunitas blogger perempuan dan momblogger.

Kenapa harus gabung dengan komunitas?
Karena bergabung dengan komunitas itu bisa membuat kita tambah pengetahuan, dengan adanya sharing-sharing di komunitas.

3. Menambah Pengetahuan tentang Blogger.
Karena saya newbie saya belum banyak paham tentang apa itu blogger, apa itu SEO, infografis dan lain-lain nya.

Dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih, membuat saya bangga banget jadi bagian blogger di era digital ini.

4. Mengikuti Kompetisi Blog
Bagi saya alasan untuk mengikuti Kompetisi bukan ke hadiah nya, menurut saya jika saya mengikuti lomba, berarti saya sudah memenangkan perlombaan itu sendiri.  Dengan mengikuti lomba kemampuan akan menulis saya bisa terasah dan terarah. Dengan mengikuti lomba saya bisa dapatkan teman baru, dan pengalaman baru.

Serang, 24 Januari 2019

Neneng Rohaeniah


Facebook : Neneng Rohaeniah
Instagram: @bunda_tetehula





Blogger

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

#AksiFlashBunda, Bermain dan Belajar Bersama Thromboflash Si Sahabat Keluarga.

Taukah Bunda, Inilah Penyebab Anak Mudah Sakit

Kapan Waktu Yang Tepat Ajarkan Anak Sholat?