Skip to main content

Posts

Inilah Gaya Belajar Anak Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Setiap anak  yang dilahirkan selalu berbeda satu dengan yang lainnya. Baik itu bentuk fisik, sifat ataupun kebiasaannya. Tidak  ada yang sama walaupun mereka kembar sekalipun. Setiap anak  mempunyai gaya belajar yang berbeda, gaya belajar mereka menunjukan karakter dari anak tersebut.


Gaya belajar merupakan kombinasi antara cara seseorang dalam menyerap pengetahuan dan cara mengatur serta mengolah informasi atau pengetahuan yang didapat. Banyak variabel yang mempengaruhi gaya belajar seseorang. Hal ini mencakup faktor- faktor emosional, fisik , sosiologis dan lingkungan. Secara umum gaya belajar terbagi menjadi 3 ( tiga) kelompok  besar, yaitu gaya belajar Visual, Audiotorial dan kinestestik .
1. Gaya Belajar Visual Gaya belajar visual merupakan gaya belajar dengan melihat, mengamati, memandang dan sejenisnya. Kekuatan dari gaya belajar ini adalah terletak  pada Indra penglihatannya. Bagi anak  yang memiliki gaya belajar ini, mata adalah alat yang paling pekauntuk  menangkap setiap ge…
Recent posts

Taukah Bunda, Inilah Penyebab Anak Mudah Sakit

Sakit demam bapil ( batuk, pilek), diare dan lain sebagainya adalah hal yg biasa dialami oleh anak-anak.  Baik level ringan, sedang, ataupun berat.

Sebenarnya anak menderita beberapa penyakit seperti itu bisa jadi dikategori agak wajar, bisa jadi juga kurang wajar. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dari indikasinya tergantung pada durasinya. Misal:

Kalau dalam setahun ia sakit sekitar 4-8 kali, mungkin masih agak wajar. Namun kalau sudah lebih dari 8 kali dalam setahun, bisa jadi tidak wajar.

Kalau durasi sakitnya tidak terlalu panjang, biasanya hanya 2-3 hari, atau maksimal 7 hari, itu masih agak wajar. Namun kalau sudah lebih dari 7 hari, bisa jadi itu kurang wajar.

Apabila waktu akhir sembuhnya dengan sakit barunya sekitar 2 bulan lebih, itu mungkin agak wajar. Namun kalau dalam kurang dari 2 bulan cukup sering sakit, maka bisa jadi kurang wajar.

Kenapa agak wajar, karena memang itu proses dia membangun kekebalan tubuhnya dari berbagai virus. Nggak kayak anak-anak yang ud…

Untuk Lulus Dari Madrasah, Ujian Ini Yang Harus Ditempuh Peserta Didik.

Ujian Akhir Madrasah yang harus dilalui peserta didik yang bersekolah di madrasah baik itu tingkat MI, MTs atau MA.

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional ( UAMBN ) mulai diberlakukan oleh Kementrian Agama sejak tahun pelajaran 2009/2010.

Seluruh materi soal yang termasuk kedalam rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) dibuat oleh pusat. Mata pelajaran yang di UAMBN kan meliputi Qur'an Hadits, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam(SKI), Akidah Akhlaq dan Bahasa Arab. UAMBN ini berlaku di semua jenjang pendidikan, mulai dari MI, MTs dan MA.

UAMBN ini bertujuan untuk memperkuat ciri khas madrasah di seluruh jenjang pendidikan madrasah.  Dengan adanya UAMBN, beban siswa Madrasah lebih berat dibandingkan dengan siswa yang bersekolah di sekolah umum, sebab selain mereka juga dibebani dengan soal Ujian Nasional, seperti halnya di sekolah umum, mereka juga harus berkonsentrasi dengan mata pelajaran yang di-UAMBN-kan.

Dan pada tahun pelajaran2018/2019 ini UAMBN berubah dari standar kertas pencil …

ASUS VIVOBOOK PRO F570 MERUPAKAN HASIL PERKAWINAN AMD DAN NVIDIA

Laptop merupakan benda yang wajib ada dan digunakan bagi saya untuk menulis tugas-tugas administrasi sekolah. Mencari laptop dipasaran yang sesuai dengan kebutuhan memang agak susah-susah gampang. Apalagi jika kita mencari laptop yang multitasking, alias laptop yang serba bisa.

Untungnya Asus tanggal 14februari2019 kemarin telah meluncurkan laptop baru yang desainnya tipis dan merupakan laptop kekinian kalau menurut saya. VIVOBOOK PRO F570 merupakan laptop hasil perkawinan antara AMD dan NVIDIA.

AMAZING PERFORMA
Untuk pertama kalinya Asus mengawinkan dua perusahaan dalam satu laptop. VIVOBOOK PRO F570 merupakan laptop pertama dari Asus yang mengkolaborasikan antara CPU AMD Ryzen dan GPU NVIDIA Geforce GTX 1050 4GB GDDR5 dan teknologi GPU Switching yang secara pintar mengatur penggunaan kartu grafis IGP dan kartu grafis diskrit berdasarkan kegiatan pengguna. Ada konektivitas ultra cepat, juga dengan WI-Fi 802.

EYE CATCHINGLOOK
F570 memiliki tampilan yang sporty, tampil menawan dengan Re…

Mengapa Banyak Penyakit Pada Musim Hujan ?

Mengapa banyak penyakit mengintai pada musim hujan?

Hujan-hujan dimana-mana. Musim hujan telah tiba, dan biasanya anak-anak paling rentan terhadap hujan. Dan anak - anak gampang sakit. Mengapa? Karena musim hujan biasanya banyak penyakit bermunculan.

1. Karena Suhu udara  dalam keadaan dingin dan daya tahan tubuh kita sedang menurun

Lebih tepatnya, dikarenakan cuaca yang dingin.

Ketika hujan, kemudian kita merasa kedinginan, tubuh kita jadi terpicu untuk mengeluarkan energi secara berlebihan.

Apabila sistem daya tahan tubuh kita dalam keadaan menurun, maka tubuh kita tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang sangat meningkat.

Sehingga, daya tahan tubuh menurun terus, lalu jadinya berbagai mikroba seperti bakteri jahat dan virus pun mudah menginfeksi, akhirnya kesehatan terganggu, dan jatuh sakit.

Mulai dari batuk, flu, pilek, diare, gatal-gatal, demam, dan sebagainya.

Apalagi kalau bukan sekadar suhunya yang dingin, tetapi tubuh kita terkena hujan, sampai pakaian jadi …

TIPS MENDIDIK ANAK KORBAN PERCERAIAN

Tips Mendidik Anak Korban Perceraian Setiap orang yang berumah tangga pasti mendambakan pernikahan yang langgeng sampai Kakek nenek, sampai maut memisahkan.

Tetapi apalah dikata jika biduk rumah tangga harus kandas dijalan, harus berpisah.

Banyak faktor yang menyebabkan rumah tangga terpisah, dan banyak hati yang terluka karena perceraian.

Apalagi jika perceraian terjadi sudah ada sibuah hati, yang paling terluka adalah sikecil ya bund.

Ada banyak cerita tentang anak yang BrokenHome yang kurang enak untuk didengarkan.

Mendidik anak korban perceraian gampang-gampang susah.
Susah karena hatinya juga terluka, tersakiti.

Berikut Tips Mendidik Anak Korban Perceraian.

1. Penjelasan sesuai Dengan Pola Pikir Anak.
Menjelaskan apa yang terjadi kepada anak memang susah, apalagi kalau perceraian terjadi ketika anak masih balita.

Anak hanya tahu kalau ayah bundanya tidak tinggal serumah, dan pikiran nya bertanya, kenapa ayah / bunda harus pergi ? Kenapa koq sekarang ayah ga ada pernah pulang?

Ketika m…

7 Cara Bagaimana Mengajarkan Membaca Pada Anak.

7 Cara Bagaimana Mengajarkan Membaca Pada Anak.


Bunda mengajarkan anak membaca itu susah-susah gampang ya,

karena dunia anak-anak itu adalah dunia bermain, mereka lebih senang diajak bermain daripada belajar.

Sebelum mengajarkan membaca pada anak-anak kita ya bund, kita harus mengetahui berbagai tips dan trik nya.

Siapa seh yang ga bangga anaknya sudah pintar Membaca, tapi bund jangan terlalu Memaksa ya..

Mengajarkan anak membaca diusia dini, sebenarnya itu ada banyak pro dan kontra nya bund.

Pengertian belajar itu sendiri adalah proses memperoleh perubahan tingkah laku dalam aspek kognitif, apektif dan psikomotorik.
Ada juga pendapat yang mengatakan kalau mengajarkan anak membaca sejak dini dapat membuat anak stres. Dikarenakan terlalu banyak tekanan pada anak yang tidak sesuai dengan usianya.

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, yang terpenting ketika bunda mengajarkan anak membaca, bunda sebaiknya mengenali faktor-faktor terpenting dalam mengajarkan anak.

1.Mengenali Kebiasaan Anak

Bangga Jadi Narablog Di Era Digital

Awal perkenalan ku dengan blog akhir tahun 2010. Saat itu di sebuah toko buku di salah satu pusat perbelanjaan di kotaku. Kulihat sebuah buku yg membahas tentang blog dari wordpress.

Akhirnya ku beli juga buku itu, di baca dan dipraktekkan, tapi.. karena wordpress memakai bahasa Inggris, saya agak kesulitan, karena bahasa Inggris ku pas-pasan, hehehehe.

Akhirnya saya googling dan akhirnya tahu, kalau membuat blog itu tidak hanya dari wordpress saja, ada juga blogspot yang berbahasa Indonesia, aha.... Indonesia banget kan saya, hehehe.

Dan jadilah blog yang kuberikan judul "Berbagiilmu Berbagicerita" dengan judul tersebut aku ingin menulis di blog ini tentang suatu ilmu atau cerita yang bisa bermanfaat bagi sesama.

Karena bingung mau dinamakan apa blog saya ini, dan akhirnya blog ini saya bernama sesuai dengan nama saya, biarlah dikatain narsis juga. Bangga dengan nama sendiri ya ga apa-apa kan ya....

Belakangan saya baru tahu kalau memang harus pakai nama sendiri jika mau b…

TIPs MENDIDIK ANAK PEREMPUAN

TIPS MENDIDIK ANAK PEREMPUAN




Di zaman jahiliyah dulu, jika orang tua mempunyai anak perempuan itu aib, dan jika mempunyai anak laki-laki itu suatu kebanggaan.

Di zaman sekarang yang katanya milenia masih ada orang tua yang beranggapan perempuan itu dinomor duakan, perempuan itu ga bisa apa-apa, perempuan itu ga usah ngapa-ngapain. Ga usah sekolah tinggi-tinggi ujung-ujungnya tinggal dirumah saja.

Padahal perempuan itu yang nantinya jadi ibu, haruslah berpendidikan tinggi, kenapa karena ibu itu MADROSATUL ULA, bagi anak-anaknya, ibu itu sekolah pertama buat anak-anak nya.

Untuk Kamu yang melahirkan anak perempuan jangan bersedih. Jangan menganggap bahwa perempuan itu lemah. Sebaliknya, anak perempuan justru menjadi anugerah terindah dan bisa menjadi penolong bagi orang tuanya. Sebagaimana dijelaskan dalam suatu hadist shahih:

Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka.” (HR. a…

LIBURAN KE LAMPUNG DISERTAI ERUPSI GAK.

#LiburanAsikPakaiLaptopAsus  LIBURAN KE LAMPUNG DISERTAI ERUPSI GAK.



22Desember 2018 yg lalu, telah terjadi erupsi di Gunung anak Krakatau yg mengakibatkan Tsunami di pesisir Banten dan Lampung.

Bikin hati berdebar? Iya pastinya, terlebih lagi saya dan keluarga sudah merencanakan jauh-jauh hari mau liburan ke Lampung, sekalian ziarah ke Kakek atau uyutnya anak saya,😁

Deg-degan pasti nya, semakin dekat dengan hari keberangkatan, tiap hari selalu pantau dan update informasi terkini dari berbagai sumber terpercaya mengenai cuaca dan kondisi di selat Sunda. Karena kami akan menggunakan moda tranportasi kapal Ferry.

Mobil udah dirental jauh-jauh hari, keluarga udah kumpul semuanya.
Dan Alhamdulillah BMKG bilng cuaca baik untuk pelayaran dan pelayanan di pelabuhan merak Banten tidak terganggu dengan adanya erupsi gunung anak Krakatau itu.

BMKG menyarankan agar waktu menyebrang diusahakan di siang hari, karena pada malam hari biasanya laut akan pasang, ditambah dengan adanya erupsi dikhawati…