Mengapa Banyak Penyakit Pada Musim Hujan ?



Mengapa banyak penyakit mengintai pada musim hujan?

Hujan-hujan dimana-mana. Musim hujan telah tiba, dan biasanya anak-anak paling rentan terhadap hujan. Dan anak - anak gampang sakit. Mengapa? Karena musim hujan biasanya banyak penyakit bermunculan.

1. Karena Suhu udara  dalam keadaan dingin dan daya tahan tubuh kita sedang menurun

Lebih tepatnya, dikarenakan cuaca yang dingin.

Ketika hujan, kemudian kita merasa kedinginan, tubuh kita jadi terpicu untuk mengeluarkan energi secara berlebihan.

Apabila sistem daya tahan tubuh kita dalam keadaan menurun, maka tubuh kita tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang sangat meningkat.

Sehingga, daya tahan tubuh menurun terus, lalu jadinya berbagai mikroba seperti bakteri jahat dan virus pun mudah menginfeksi, akhirnya kesehatan terganggu, dan jatuh sakit.

Mulai dari batuk, flu, pilek, diare, gatal-gatal, demam, dan sebagainya.

Apalagi kalau bukan sekadar suhunya yang dingin, tetapi tubuh kita terkena hujan, sampai pakaian jadi basah kuyup. Bisa tiba-tiba kena hipotermia.

Hipotermia itu adalah, kondisi yang terjadi pada tubuh kita ketika temperaturnya menurun drastis, jauh di bawah suhu tubuh normal sekitar 37º Celsius. Orang dengan hipotermia bisa memiliki suhu tubuh hingga di bawah 35º C.

Hal ini bisa terjadi apabila tubuh kehilangan panas jauh lebih cepat daripada produksinya.

Maka dari itu, mengapa hujan dapat membuat kita sakit? Sebenarnya, nggak juga. Asalkan daya tahan tubuh kita tetap terjaga, insyaAllah, kita nggak akan mudah jatuh sakit.

2. Karena tertular dari orang yang sudah terinfeksi virus, soalnya virus lebih efektif berkembang saat cuaca dingin

Yaps, virus penyebab flu akan lebih aktif berkembang biak, ketika cuaca dingin, termasuk hujan.

Apalagi kalau yang namanya sedang hujan, normalnya kan orang berteduh berkumpul di suatu tempat, atau pada berkumpul di Rumah. Terlebih ketika sudah ada satu atau beberapa orang yang bersin-bersin, maka sedikit-banyak udara di sekitar menjadi terkontaminasi.

Nah, dari situ, jadinya bakteri maupun virus dapat tertularkan lebih cepat ke seruangan.

Pencegahan penyakit pada anak di musim hujan

Kalau begitu, gimana dong mencegahnya supaya anak-anak kita nggak gampang sakit di musim hujan gini? Nah, setidaknya ada 7 cara. Berikut ini dia.

1. Rutin Kenakan Masker
Yaps, insyaAllah masker bisa menjaga hidup dan mulut anak dari udara yang mungkin sudah terkontaminasi berbagai macam bakteri dan virus.

Seandainya memungkinkan, justru maskernya tetap dipakai saat berada di dalam ruangan. Bukan cuma saat di luar saja. Apalagi kalau di dalam ruangan itu kan sudah ada banyak orang.

2. Usahakan Jauhi Air Kotor
Nah air-air yang kotor-kotor begitu, itu pas banget buat bakteri maupun virus bersarang dan berkembang biak.

Bisa jadi termasuk air genangan di jalan, di selokan-selokan yang tersumbat, dan lain-lain.

3. Rajin-rajinlah Mencuci Tangan
Bisa saja banyak bakteri dan virus sudah menghinggap di berbagai macam hal-hal yang kemudian disentuh. Ntah itu gagang pintu, meja, dinding, uang, bahkan tangan orang lain saat berjabat tangan dengannya.

Maka dari itu, ada baiknya rajin-rajinlah cuci tangan. Terutama saat hendak makan. Baiknya, jangan sekadar membasuh dengan air, namun juga gunakan sabun juga untuk cuci tangannya.

4. Kenakan Pakaian Yang Hangat
Iya, insyaAllah ini bisa meminimalisir. Terutama kalau sudah terlanjut basah kuyup karena kehujanan, segera lah ganti pakaian.

Oh iya, selain itu, hati-hati juga dengan pakaian yang terlalu ketat. Hangat nggak mesti ketat. Soalnya kalau terlalu ketat, justru yang jadi lebih mudah berkembang biak itu jamur.

5. Lebih Bagus Rutin Minum Air Hangat.
Ini juga bagian dari usaha menjaga suhu tubuh anak Anda agar tetep hangat.

6. Gunakan Minyak Kayu Putih
Gunakanlah minyak kayu putih jika badan terasa dingin, supaya badan tetap terasa hangat. Tidak usah sesering mungkin memakai minyak kayu putih, karena dikhawatirkan anak alergi terhadap minyak kayu putih. Gunakan hanya jika badan anak terasa kedinginan.


7. Pastikan Asupan Makanan Anak Anda bersih.
Terutama beberapa makanan jajanan luar di pinggir jalan yang fast moving.

Apa lagi, mohon maaf, tidak jarang sang penjual tersebut sambil memegang makanan namun juga memegang uang. Tidak menggunakan semacam sarung tangan. Sehingga, lebih memungkinkan banyak bakteri jahat dan virus yang masuk ke makanan tersebut.

Nah, setidaknya, begitulah.

Jadi, intinya, tidak selalu dan pasti bahwa musim hujan pasti membuat anak Anda jadi mudah sakit. Namun tetap dikarenakan infeksi mikroba tertentu, seperti misalnya bakteri yang jahat dan virus.

Terlebih daya tahan tubuh dan gaya hidup kita jauh dari usaha yang optimal.

Semoga bermanfaat yaa..

Comments

Popular posts from this blog

#AksiFlashBunda, Bermain dan Belajar Bersama Thromboflash Si Sahabat Keluarga.

Taukah Bunda, Inilah Penyebab Anak Mudah Sakit

Kapan Waktu Yang Tepat Ajarkan Anak Sholat?